Rakor Kelitbangan se-Kalimantan Utara Tahun 2023

Rakor Kelitbangan se-Kalimantan Utara Tahun 2023

Bappeda Litbang Kota Tarakan mengikuti kegiatan Rapat koordinasi Kelitbangan se-Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2023 dengan tema “Penguatan peran dan fungsi kelitbangan dalam menjawab tantangan mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah maju sejahtera”, bertempat di Tarakan, 21 September 2023.

Burhanuddin, S.Sos., M.Si staf ahli bidang ekonomi pembangunan dan hubungan antar lembaga Provinsi Kalimantan Utara mewakili Gubernur Kalimantan Utara membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya beliau berharap dalam kegiatan ini menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan antar Kabupaten/Kota dan Provinsi, juga berbagai pihak, serta dapat bekerjasama untuk hasil yang lebih baik.  Sekertaris Bappeda Litbang Kota Tarakan menjadi moderator dalam kegiatan tersebut. Terdapat 3 narasumber yaitu, Mardyanto Wahyu Tryatmoko, S.IP, MAP, MPP. kepala pusat riset Pemerintah dalam Negri BRIN, memaparkan mengenai ekosistem riset dan inovasi daerah. Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si kepala BRIDA Provinsi NTB, memaparkan best practice Provinsi NTB, dalam paparannya kepala BRIDA Provinsi NTB menjelaskan struktur dan tupoksi BRIDA Provinsi NTB, program unggulan BRIDA Provinsi NTB tahun 2019-2023, hasil inovasi dari Provinsi NTB. Harapannya seluruh Bappeda Litbang di Provinsi Kalimantan Utara dapat mencontoh inovasi dan program dari BRIDA Provinsi NTB. Dr. Adi Suhendra, M. Sosio. peneliti badan riset dan inovasi Nasional. Dalam paparannya menjelaskan mengenai penyusunan topik riset, proposal dan replikasi hasil inovasi Daerah. Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah Daerah. Usulan inisiatif inovasi Daerah dapat berasal dari Kepala Daerah, anggota DPRD, ASN, perangkat Daerah dan Masyarakat. Bentuk inovasi Daerah berupa pelayanan publik, tata kelola dan inovasi lainnya (sesuai bidang urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah).

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok terpimpin bidang kelitbangan bersama dengan Mardyanto Wahyu Tryatmoko, S.IP, MAP, MPP. dan Dr. Adi Suhendra, M. Sosio. dengan 3 materi diskusi yaitu riset, inovasi dan kelembagaan.